English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, January 18, 2014

Beberapa Benda Paling Berkuman

Posted by Unknown on 1:17 AM

6 Tempat Paling Berkuman



Hati-hati dengan benda-benda yang biasa Anda sentuh. Karena kuman bisa menempel di mana saja. Kami telah mengumpulkan enam tempat yang paling sering menjadi tempat hang-out para kuman yang mungkin jarang Anda pikirkan.












Mesin ATM.
Menurut hasil penelitian di Inggris, mesin ATM memiliki kuman seperti halnya toilet umum. Dalam penelitian tersebut, para peneliti membandingkan hasil pengetesan dari keypad ATM dengan dudukan toilet. Ternyata, pada keduanya terdapat bakteri penyebab diare dan penyakit-penyakit lain. Dan, mesin ATM memiliki jumlah bakteri yang lebih banyak dibanding dudukan toilet. Lakukan ini: Jika tak terlalu perlu, sebaiknya hindari penggunaan mesin ATM, Anda bisa memanfaatkan fasilitas debit di tempat-tempat yang menawarkannya. Anda juga bisa mempersiapkan cairan desinfektan untuk membersihkan tangan usai menggunakan mesin ATM.


Ponsel.
Uji coba yang dilakukan oleh Dr. Chuck Gerba, Ph.D., dari University of Arizona,  menemukan adanya bakteri staphylococcus pada lebih dari setengah jumlah ponsel yang dites. Kuman dapat berkembang biak di tempat hangat seperti yang dihasilkan oleh suhu tubuh dan panas baterai ponsel. Lakukan ini: Rajinlah membersihkan ponsel. Saat ini ada cukup banyak tisu pembersih ponsel yang tersedia di pasaran.


Touch Srceen.
Penelitian dr. Gerba menemukan bahwa iPod, iPad, dan tablet tak luput dari tebaran kuman. Lakukan ini: Gunakan sanitizing spray untuk mengusir kuman dari touch screen Anda. Penggunaan desinfektan biasa dapat merusak touch screen. Anda bisa menggunakan kain flannel kering untuk menyekanya hingga semua bekas jari dan kuman terangkat.


Daftar menu restoran.
Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Medical Virology menunjukkan bahwa virus penyebab flu dapat bertahan hingga 18 jam di atas permukaan keras –termasuk di atas buku menu di restoran. Lakukan ini: Cuci tangan setelah selesai memesan makanan. Gunakan tisu yang terdapat di toilet untuk membuka pintu toilet. Dan, pastikan buku menu Anda tak bersentuhan dengan piring maupun perlengkapan makan lain yang akan Anda gunakan.


Bacaan di tempat umum.
Menunggu antrean di ruang dokter memang sangat membosankan. Dan membolak-balik berbagai bacaan yang biasanya disediakan untuk menemani para pasien justru berisiko menambah penyakit. Tak percaya? Coba pikirkan bagaimana bacaan tersebut telah disentuh oleh ratusan tangan pasien–yang tentunya dipenuhi berbagai kuman dan bakteri. Lakukan ini: Lebih baik bawa sendiri bacaan yang memang Anda suka. Atau, Anda bisa nonton TV yang biasanya juga disediakan di ruang tunggu.


Troli supermarket.
Penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona tahun 2007 menemukan bukti bahwa hampir dua pertiga pegangan troli yang diuji terkontaminasi bakteri fecal (tinja). Jumlah bakteri pada troli bahkan lebih banyak daripada yang terdapat di toilet umum. Lakukan ini: Seka pegangan troli dengan cairan desinfektan sebelum Anda memegangnya. Sebaiknya, Anda juga membungkus produk-produk yang belum memiliki pembungkus –seperti sayuran dan buah– sebelum meletakkannya di troli.

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Deviantart
  • Instagram @ajoe354
  • Facebook Angga Joe
  • My Whatsapp
  • Github Ajoe354

Search Site

 
  • Your IP Addres

    IP