English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, April 14, 2013

Tabung Gas Tidak Pernah Meledak

Posted by Unknown on 4:14 AM


Saya bingung kalau ada masyarakat klaim bahwa Tabung Gas 3kg yang mereka pakai meledak.
Karena secara logika, Tabung Gas tidak bisa meledak hanya karena ada nyala api. Saya pernah melihat di MythBuster, percobaan apakah tabung gas propana bisa meledak kalau ditembak dengan senjata api.
Ternyata tidak bisa. Bahkan menggunakan peluru Incendiaries(peluru berhulu ledak api) saja tidak bisa meledak.  Terbakar iyah tapi tidak meledak seperti difilm film. Karena di film-film mereka menggunakan peledak untuk membuat efek.



Lalu bagaimana dengan klaim masyarakat yang mengatakan tabung gas 3 Kg meledak?
Saya mempunyai beberapa kecurigaan:
1. Pengguna sebelumnya biasa menggunakan kompor minyak tanah.
2. Dapur tidak mempunyai ventilasi (Dapur dalam)
3. Menyalakan kompor gas seperti menyalakan kompor minyak tanah (Bukan menggunakan kompor pemantik otomatis tetapi disundut).

Konklusinya:
-Karena biasa menggunakan minyak tanah, masyarakat yang kurang terinformasikan mengenai penggunaan gas tidak secara layak menjaga kebersihan pemakaian sumber energi.
- Minyak tanah bisa saja berceceran dimana mana dan bau. Tetapi tidak mudah terbakar dan mudah dimatikan karena wujudnya cair.
- Gas dilain pihak tidak seperti minyak tanah. Masyarakat menggunakan gas dengan cara dibuka lebih dahulu baru disundut. Karena Gas memiliki massa yang lebih berat dari udara maka dia akan terperangkap dalam ruangan. Karena mereka sudah terbiasa dengan bau seperti minyak tanah, mereka cuek saja. Apa lagi dapur dalam dan tidak ada ventilasi yang cukup.
- Karena cara penggunaan yang tidak tepat akhirnya gas terakumulasi dalam ruangan. Hingga mencapai titik jenuh tertentu, ketika ada percikan api, maka meledaklah satu ruangan itu karena isinya gas semua. Seperti di film-film barat kalau gas dibocorkan dalam ruangan.
- Serta apabila tutup tabung bocor maka bila terkena api gas akan terus terbakar seperti obor..tidak meledak..seperti pembuangan gas di kilang minyak.

Jadi mohon agar tidak terjadi penyesatan masyarakat oleh media mengenai tabung gas 3kg. Saya rasa bukan tabungnya yang bermasalah. Tetapi masyarakatnya. Didik yang benar dan jelaskan. Maka penggunaan akan menjadi aman.

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Deviantart
  • Instagram @ajoe354
  • Facebook Angga Joe
  • My Whatsapp
  • Github Ajoe354

Search Site

 
  • Your IP Addres

    IP