English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, September 9, 2012

Manfaat Kesehatan dari Hobby

Posted by Unknown on 1:31 AM

Melakukan kegiatan favorit yang kita senangi dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Tidak percaya? Mari kita bahas satu per satu yang saya sharing di sini.

1. Shopping

Terlalu banyak membelanjakan uang untuk kegiatan shopping atau berbelanja di mall jelas tidak baik, namun ternyata ada manfaat kesehatan di balik kegiatan yang suka dilakukan kaum wanita ini. Menurut studi yang dipublikasikan di Journal of Psychology and Marketing, kegiatan shopping dapat meningkatkan mood sehingga pikiran kita menjadi lebih segar.



2. Facebook-an

Waktu seperti berlalu dengan cepat apabila kita asik bermain di dunia Facebook, apalagi jika mendapatkan akses ke profil mantan pacar, profil artis, dan profil orang yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Di luar itu, internet ternyata dapat mempengaruhi kita dalam pengambilan keputusan dan penalaran yang kompleks. Internet juga diklaim dapat mencegah efek penuaan pada otak.

3. Bergaul dengan teman-teman

Bertemu dengan teman dan menggosip mungkin tampak seperti kegiatan yang tidak produktif, namun kita mungkin tidak sadar teman tersebut telah membawa manfaat untuk kita. Studi oleh Brigham Young University menemukan bahwa mempunyai jaringan pertemanan yang baik dapat meningkatkan tingkat survival kita sampai 50%, selain itu hubungan sosial dengan teman dapat membuat kita lebih percaya diri dan melepaskan stres karena berbagi masalah yang dihadapi.

4. Makan Cokelat

Makan cokelat beberapa kali setiap minggu dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh. Sebuah studi di Amerika menemukan bahwa orang yang suka makan cokelat beberapa kali setiap minggunya mempunyai tubuh lebih langsing. Ditambah studi dari Swedia yang mengatakan bahwa pria yang memakan satu batang cokelat seminggu sekali dapat menurunkan resiko serangan stroke sampai 17%.

5. Berhubungan Sex

Berhubungan sex di sini tentu saja dengan suami atau istri, dimana hampir semua orang menyukai jenis kegiatan ini. Kegiatan berhubungan sex mempunyai manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Orgasme saat berhubungan sex dapat membuat kulit kita menjadi lebih terlihat awet muda karena ada hormon yang dikeluarkan yang meningkatkan produksi kolagen. Kolagen inilah yang meningkatkan kelembutan dan elastisitas kulit. Berhubungan sex juga dapat memberikan tidur yang nyenyak karena hormon yang kita keluarkan selama berhubungan sex, oksitosin dan prolaktin, dapat membuat kita merasa rileks dan mengantuk.

6. Joget di Acara Pesta

Berjoget di lantai dansa di acara pesta ulang tahun atau di klab malam ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.  Selain dapat menurunkan ketegangan otot dan pikiran, berjoget juga dapat melancarkan aliran darah di tubuh dan dapat menghindarkan dari penyakit stroke, sakit jantung, dan diabetes.

7. Menonton Pertandingan Olahraga

Menonton tim favorit di pertandingan olahraga dapat meningkatkan kesehatan pikiran kita alias melepaskan stres. Sebuah studi oelh Mental Health Foundation mengatakan bahwa pria yang sulit untuk mengungkapkan perasaannya ternyata lebih terbuka dan banyak bicara ketika berada di tengah pertandingan olahraga. Studi itu juga menemukan bahwa 76% pria tidak akan malu ketika merangkul teman-temannya selama permainan berlangsung.

8. Berjemur

Terlalu sering berjemur dapat mengundang penyakit kanker kulit, namun berjemur dengan porsi yang cukup dapat menghilangkan keletihan dan ketegangan otot, selain meningkatkan libido dan menurunkan depresi. Selain itu sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk tulang.

9. Menonton Bioskop

Anda salah jika film yang baik hanya berupa film pendidikan atau dokumenter. Ternyata film komedi juga baik untuk kesehatan kita terutama jantung. Tertawa membuat pembuluh darah membuka lebar sehingga melancarkan peredaran darah. Ilmuwan bernama Dr Michael Miller berpendapat, menonton film komedi sama baiknya dengan olahraga erobik.

10. Membaca Buku

Membaca buku sambil menikmati teh hangat memang nikmat, namun apakah Anda tahu manfaat kesehatan dibaliknya? Menurut peneliti dari University of Sussex, membaca buku selama 6 menit dapat menurunkan 60% tingkat stres. Bayangkan berapa banyak tingkat stres yang dapat dihilangkan jika Anda membaca novel Harry Potter yang tebal dan berseri-seri. Studi juga menemukan bahwa membaca buku lebih efektif dalam menurunkan tingkat stres dibandingkan jogging atau mendengarkan musik. Oleh karena itu, mari kita tanamkan semangat membaca kepada putra-putri kita.

0 komentar:

Post a Comment

  • RSS
  • Deviantart
  • Instagram @ajoe354
  • Facebook Angga Joe
  • My Whatsapp
  • Github Ajoe354

Search Site

 
  • Your IP Addres

    IP