English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, October 29, 2012

Fakta Menarik Tentang Benua Antartika

Posted by Unknown on 8:15 AM

Antartika – terletak di kutub selatan Bumi- adalah wilayah terdingin dari planet kita. Lebih dari 98 persen benua ini ditutupi dengan es tebal, dengan ketebalan rata-rata mencapai 1 kilometer. Sementara beberapa spesies hewan berhasil menyesuaikan diri dengan kondisi yang keras, tidak ada manusia yang hidup di benua ini. Beberapa spesies yang bisa menyesuaikan diri diantaranya adalah penguin dan anjing laut.


















Berikut adalah fakta dan tanya jawab seputar Antartika.

1. Berapakah Ukuran Antartika?

Antartika adalah benua terbesar ke-5 di dunia, dengan luas mencapai 14.000.000 km persegi (pulau-pulau kecil di sekitarnya disertakan.) Luas ini setara dengan hampir dua kali lipat besar Australia, dan sekitar setengah ukuran benua Amerika.

2. Milik Negara Manakah Antartika?

Antartika adalah benua tanpa negara atau warga negara dan karena itu tidak memiliki pemerintahan seperti benua lain. Namun, beberapa negara tercatat melakukan klaim kedaulatan pada bagian yang berbeda. Antarctic Treaty System mengatur hubungan antara negara-negara yang mengklaim kedaulatan benua ini yang harus netral secara politik. Sampai saat ini, sebanyak 49 negara telah menandatangani perjanjian tersebut yang memberikan hak menggunakan daerah ini untuk tujuan penelitian ilmiah.

3. Darimana Asal Antartika?

Benua Antartika, seperti yang kita lihat sekarang, dibentuk sebagai hasil dari pergeseran benua selama jutaan tahun. Antartika dulunya merupakan bagian dari super-benua Gondwana, bersama Amerika Selatan, Afrika, semenanjung India, dan Australia. Seiring Gondwana berpisah dan bergeser, bagian yang bergerak ke selatan menjadi Antartika yang muncul sekitar 25 juta tahun yang lalu.

4. Berapa Suhu di Antartika?

Suhu rata-rata tahunan yang tercatat di pedalaman Antartika adalah -57 °C.Sedang suhu terendah yang pernah terekam di Antartika adalah -90 °C yang tercatat di Stasiun Vostok pada tanggal 21 Juli 1983.
Di sisi lain, suhu terpanas yang pernah tercatat adalah 15 °C yang direkam pada 5 Januari 1974 di Stasiun Vanda. Angin dengan kecepatan 320 km/jam yang sering terjadi di Antartika juga berkontribusi terhadap iklim dingin.

5. Mengapa Suhu Antartika Amat Dingin?

Banyak faktor yang ikut berpegaruh pada lingkungan beku di benua Antartika. Antartika yang terletak di wilayah kutub berarti hanya menerima sinar matahari dalam waktu singkat dalam setahun. Ketinggian rata-rata benua ini yang berkisar 2.800 m dpl juga menyumbang pada suhu dingin. Sebagaimana diketahui bahwa semakin tinggi suatu tempat, suhu akan semakin rendah. Atmosfer tipis Antartika juga hanya sedikit menjebak sinar matahari dengan 80 persen sinar matahari akan dipantulkan kembali oleh lapisan es solid.

6. Mengapa Antartika disebut Gurun?

Antartika disebut sebagai gurun atau lebih tepatnya gurun terbesar di dunia. Gurun didefinisikan sebagai daerah tanpa vegetasi dengan curah hujan tahunan kurang dari 25 cm. Di Antartika, curah hujan hanya berkisar 10 cm.

7. Mengapa Jarang Terjadi Hujan di Antartika?

Di Antartika, hujan terjadi dalam bentuk salju bukan dalam titik-titik air. Hujan salju ini dibawa oleh oleh badai siklon dari utara. Pun turun salju, jumlahnya amat sedikit. Penguapan yang menjadi prasyarat hujan hampir tidak terjadi di wilayah ini yang membuat curah hujan tahunan menjadi rendah.

8. Tanaman Apa yang Ditemukan di Antartika?

Dengan lapisan es, kondisi beku, kualitas tanah yang buruk, dan tidak adanya sinar matahari, hampir tidak ada tanaman hidup di Antartika. Antartika adalah rumah bagi lebih dari 100 spesies lumut, sekitar 25 spesies liverworts, dan 2 spesies tanaman berbunga, yang semuanya tumbuh pada musim panas dan menghilang saat musim dingin.

9. Hewan Apa yang Hidup di Antartika?

Spesies hewan yang ditemukan hidup di Antartika diantaranya adalah Penguin Raja, Penguin Kaisar, ikan paus biru, anjing laut, serta beberapa spesies serangga. Antartika adalah benua satu-satunya dimana tidak terdapat reptil yang ditemukan. (anggajoe.blogspot.com)

  • RSS
  • Deviantart
  • Instagram @ajoe354
  • Facebook Angga Joe
  • My Whatsapp
  • Github Ajoe354

Search Site

 
  • Your IP Addres

    IP